Selasa, 02 November 2010

PENGENALAN DASAR PEMROGRAMAN

Program adalah pernyataan yang disusun menjadi satu
kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah yang
disusun secara logis dan sistematis untuk menyelesaikan
masalah.
Pemrograman adalah proses mengimplementasikan
urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan
menggunakan bahasa pemrograman.
Bahasa Pemrograman adalah prosedur penulisan
program.
Programer adalah Orang yang membuat sebuah
program.
Terdapat 3 faktor penting dalam bahasa pemrograman :
1. Sintaks adalah aturan penulisan bahasa tersebut (tata
bahasanya).
2. Semantik adalah arti atau maksud yang terkandung
didalam statement tersebut.
3. Kebenaran logika adalah berhubungan dengan benar
tidaknya urutan statement.
Dalam membuat sebuah program, kita harus memakai
teknik pemrograman, adapun teknik-teknik
pemrograman tersebut diantaranya adalah :
• Pemrograman Procedural
• Pemrograman functional
• Pemrograman Terstruktur
• Pemrograman berbasis modul
• Pemrograman Berorientasi Objek
• Pemrograman Generic
• Pemrograman Deklaratif
Kriteria bahasa pemrograman :
Beberapa kriteria pemilihan sebuah bahasa pemrograman :
• Clarity, simplicity dan unity
Kemudahan, kesederhanaan dan kesatuan
merupakan suatu kombinasi yang membantu
programer mengembangkan suatu algoritma.
• Orthogonality
Merupakan suatu atribut yang dapat dikombinasikan
dengan beragam fitur bahasa pemrograman sehingga
setiap kombinasinya mempunyai arti dan dapat
digunakan.
• Kewajaran untuk aplikasi
Bahasa pemrograman harus mempunyai struktur data,
operasi-operasi, struktur kontrol dan syntax yang tepat
untuk memecahkan suatu masalah.
• Mendukung abstraksi
Abstraksi merupakan suatu hal yang substansial bagi
programer untuk membuat suatu solusi dari masalah
yang dihadapi.
• Kemudahan untuk verifikasi program
Dengan verifikasi data yang mudah, maka suatu
program akan dengan mudah dibangun dan
dikembangkan
3.Aspek pemrograman
Dalam pengolahan data dan pembuatan sebuah program
diperlukan beberapa aspek-aspek dasar yaitu :
A. Brainware
Tenaga pelaksana yang menjalankan serta mengawasi
pengoperasian sistem unit komputer didalam proses
pengolahan data untuk menghasilkan suatu informasi
yang tepat waktu, tepat guna dan akurat.
Contoh : Sistem Analis, Programmer, operator, Technical
Support, dll.
B. Hardware
Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa
perangkat keras komputer yang digunakan untuk
membantu proses kerja manusia ( Brainware ).
Contoh : CPU, Monitor, Keyboard, Harddisk, Disk drive, dll.
C. Software
Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa
perangkat lunak program komputer yang digunakan untuk
membantu proses kerja manusia ( Brainware ).
Contoh : Sistem Software, Application Software, Package
Software, dll
IV. Bahasa Pemrograman Berdasarkan Perkembangan
Machine Language
bahasa Pemrograman yang hanya dapat dimengerti oleh mesin
( komputer ) yang didalamnya terdapat CPU yang hanya mengenal 2 (dua)
keadaaan yang berlawanan, yaitu :
- Bila tejadi kontak (ada arus) bernilai 1
- Bila kontak terputus (tidak ada arus) bernilai 0
. Low Level Language (Bahasa tingkat rendah)
Karena susahnya bahasa mesin, maka dibuatlah simbol yang mudah diingat
yang disebut dengan “Mnemonics” ( Pembantu untuk mengingat ).
ontohnya : A : Untuk kata Add (Menambahkan
Middle Level Language (Bahasa tingkat menengah)
Bahasa pemrograman yang menggunakan aturan-aturan
gramatikal dalam penulisan pernyataan, mudah untuk
dipahami dan memilik instruksi - instruksi tertentu yang
dapat langsung diakses oleh komputer.
Contohnya adalah bahasa C.
High Level Language (Bahasa tingkat tinggi)
Bahasa Pemrograman yang dalam penulisan pernyataannya
mudah dipahami secara langsung. Bahasa pemrograman
ini terbagi menjadi 2 yaitu :
1. Procedure Oriented Language
a. Scientific
Digunakan untuk memecahkan persoalan
Matematis/perhitungan
Misal : Algol, Fortran, Pascal, Basic
b. Bussines
Digunakan untuk memecahkan persoalan dalam bidang
bisnis.
Misal : Cobol, PL/1.
2. Problem Oriented Language
Misal : RPG (Report Program Generator
Object Oriented Language (Bahasa berorientasi
obyek) Bahasa pemrograman yang berorientasi pada
obyek. Bahasa pemrograman ini mengandung fungsifungsi
untuk menyelesaikan suatu permasalahan dan
program tidak harus menulis secara detail semua
pernyataannya, tetapi cukup memasukkan kriteriakriteria
yang dikehendaki saja
Contohnya : Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual
C , dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar